Language:

Beberapa Alternatif Untuk Cari Jodoh

Lagu yang berjudul “Cari Jodoh” yang dinyanyikan oleh sebuah grup band yang cukup terkenal di Indonesia cukup mewakili perasaan orang yang belum menemukan jodohnya. Banyak faktor yang menjadi penyebab sulitnya seseorang menemukan pendamping hidup. Faktor tersebut meliputi kesibukan yang sangat tinggi hingga tidak cukup waktu untuk bersosialisasi hingga sulitnya menemukan kriteria yang sesuai. Hal tersebut menimbulkan kecemasan dengan adanya batasan umur. Umur sering menjadi momok terutama bagi wanita yang memiliki keterbatasan masa reproduksi. Artikel berikut ini akan membahas tentang beberapa cara alternatif sekaligus solusi terbaik sebagai upaya menemukan jodoh impian yang akan menjadi belahan jiwa kita :

1. Memperluas pergaulan
Salah satu manfaat bersosialisasi adalah dapat berkenalan dan membina hubungan pertemanan dengan segala macam orang yang memiliki karakter dan sifat berbeda-beda. Dengan memperluas pergaulan, misalnya dengan mulai mengikuti fitness atau kelompok kegiatan lainnya maka kesempatan untuk bertemu dengan semakin banyak orang semakin besar. Dengan demikian kesempatan untuk berkenalan dan membina hubungan pertemanan hingga hubungan yang lebih serius semakin besar terbuka.

2. Meminta bantuan referensi dari orang dekat
Tak ada salahnya untuk mulai meminta bantuan dari orang dekat seperti teman dan saudara agar diperkenalkan dengan orang yang kira-kira cocok sebagai suami atau istri. Bahkan bantuan juga dapat diberikan oleh guru mengaji atau tokoh agama jika kriteria kecocokan dari segi agama merupakan pertimbangan utama dalam mencari pendamping hidup.

3. Mengikuti kontak jodoh atau biro jodoh
Kesibukan yang tinggi merupakan salah satu penyebab belum ditemukannya pendamping hidup. Oleh karena itu mengikuti kontak jodoh dapat dijadikan sebagai ajang cari jodoh yang mudah. Apalagi saat ini sudah banyak website yang menyedikan layanan jasa tentang perjodohan. Anggota kontak jodoh online pada umumnya tidak membutuhkan banyak waktu dalam mencari jodoh. Sebagai anggota biro jodoh online, cukup memberikan informasi profil identitas secukupnya dan menyebutkan dengan detail kriteria calon pendamping yang diinginkan. Kontak jodoh akan membantu dalam menemukan sang calon dan bisa mulai membina hubungan pertemanan. Jika ada kesesuaian diantara keduanya dapat segera melakukan pertemuan langsung dan mulai tahap penjajakan yang lebih dekat hingga memutuskan untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih serius seperti pernikahan. Satu hal yang perlu diingat dalam mengikuti kontak jodoh online adalah dibutuhkan kewaspadaan yang tinggi agar terhindar dari bentuk-bentuk kriminalitas yang memanfaatkan fasilitas biro jodoh yang beroperasi melalui internet. Anda disarankan untuk tidak mudah mempercayai identitas seseorang yang dianggap sesuai. Teliti sebelum menentukan pilihan sangat dibutuhkan dalam memutuskan untuk segera berkomitmen. Bentuk komitmen yang dapat dibangun dalam kontak jodoh online meliputi sekedar pertemanan, menjalin hubungan kekasih dan juga pernikahan. Banyak sudah peristiwa penipuan yang dilakukan secara online dan sebagian besar motifnya adalah motif ekonomi untuk mendapatkan uang.

Itulah beberapa bahasan mengenai alternatif cara yang dapat dicoba sebagai upaya cari jodoh yang tepat dan sesuai dengan keinginan hati. Tentu saja setiap usaha tersebut tetap harus dibarengi dengan doa. Seperti yang kita ketahui bahwa urusan jodoh merupakan salah satu hak mutlak milik Tuhan selain urusan tentang rejeki dan kematian. Sebagai manusia kita wajib untuk berusaha semampu kita dan menyerahkan hasil akhirnya dengan berikhtiar kepada Tuhan yang Maha Penentu atas segala kejadian. Buat Anda yang belum menemukan jodoh Anda tetap semangat dan jangan lupa berdoa agar segera dipertemukan dengan jodoh Anda.