Kategori
Uncategorized

Bijak Manfaatkan Aplikasi Jodoh

Aplikasi jodoh begitu banyak ditawarkan di iOS dan play store, tujuannya untuk membantu kamu yang single untuk menemukan pasangan yang tepat. Sayangnya tidak semua orang bijak menggunakan aplikasi jodoh, maka dari itu kamu perlu bijak bertindak agar terhindar dari segala kemungkinan.

Beberapa kasus kekerasan seksual bermula dari aplikasi jodoh, ada pula yang terlalu berharap pada pengguna aplikasi agar mereka melakukan sesuatu seperti yang diharapkan. Apakah itu baik? Tentu tidak. Kita harus tahu batas diri seseorang, hak seseorang dan norma yang ada di masyarakat. Tapi tidak semua sadar akan hal ini, sebelum kamu memulai pertemuan dengan doi ada baiknya jaga diri terlebih dahulu.

Jaga kenyamanan masing-masing

Jika dia tiba-tiba tidak ingin melanjutkan chat, mungkin karena ada hal yang kurang berkenan dari topik pembicaraan kamu. Kamu tidak salah kalau ingin mencairkan suasana dengan jokes-jokes lucu, coba ambil topik yang sedang berkembang di masyarakat. Hindari topik yang bersifat SARA atau body shamming. Karena kita tidak tahu apakah dia akan terseinggung dengan hal-hal tertentu, mungkin berkirim gambar/ meme bisa menjadi alternatif yang tepat untuk mencairkan suasana.

Ingat, ini hanya aplikasi

Aplikasi hanyalah alat sementara penggunanya bebas menentukan apa yang harus dia lakukan. Misalnya, jika doi tidak mau melanjutkan conversation denganmu sebaiknya jangan jadikan masalah besar (jangan baper duluan). Mungkin dia sedang sibuk, mungkin dia sedang tidak ingin chat denganmu, jika tidak ingin chat denganmu bukan berarti kamu hilang harapan. Kalau dia rindu beberapa hari kemudian pasti akan menghubungi. Jangan menaruh ekspektasi tinggi kepada seseorang, karena pada dasarnya itu akan jadi racun di dalam pikiranmu. Kamu berhak mendapat pasangan yang baik.

Bertemu? Tidak masalah asalkan…

Bertemu adalah kunci untuk kamu memahami dia yang sesungguhnya. Dari pertemuan kalian bisa saling mengenal satu sama lain, menilai sifat dan karakter masing-masing. Tapi upayakan kalian bertemu di tempat yang ramai. Baik perempuan atau laki-laki kalian harus hati-hati, jangan meminta untuk dijemput terlebih dahulu karena kita tidak tahu karakter masing-masing. Kamu juga bisa meminta tolong teman untuk mengawasimu dari jauh, misalnya berpura-pura menjadi pelanggan di restoran yang sama sementara kamu dan si dia berada di meja yang sama. Tak tik ini ampuh menyelamatkan kamu dari tindak kejahatan.

Buat nomor khusus berkencan

Teknologi yang serba canggih memungkinkan data pribadi kita dibobol oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Kita tidak pernah tahu lawan bicara kita yang sesungguhnya. Apakah dia memperhatikan kartu debit yang terletak di atas meja? Apakah dia bisa meng-hack whats app kita hanya dengan nomor ponsel?

Perlu kita sadari bahwa sekarang ini aplikasi, email. nomor rekening, dsb saling terhubung dengan nomor ponsel. Maka dari itu kami sarankan agar Anda memiliki nomor ponsel sendiri khusus untuk aplikasi jodoh ini, untuk keamanan data pribadi Anda.

Pasang foto sopan

Sebenarnya foto sopan atau tidak itu relatif, tergantung dari orang yang menilai. Tapi alangkah lebih baik jika kamu menggunakan pakaian tertutup, dengan posisi duduk atau berdiri. Doi akan menilai kamu sebagai orang baik-baik sejak awal berkenalan.

Topik pembicaraan yang intens dan menarik

Tidak semua orang bisa menerima pembicaraan yang bercanda, dan tidak semua orang senang dengan pembicaraan yang intens. Kamu harus pandai melihat situasi conversation agar bisa membawa pembicaraan semakin segar. Bagaimanapun conversation adalah kunci untuk membangun kepercayaan, pandai-pandailah berimprovisasi dengan kata-kata. Dan ingat, tidak semua orang memiliki karakter yang sama. Kamu harus bisa membaur gaya bicara masing-masing pengguna.

Perkenalan seperlunya

Anda boleh memperkenalkan diri dengan batas yang wajar, misalnya tempat kerja, dulu sekolah dimana, atau usia. Tapi jangan coba-coba mengakui bahwa Anda nasabah bank tertentu, atau hal-hal spesifik lainnya yang tidak ingin diketahui. Apalagi saat kencan pertama. Cukup katakan kecamatan/ kelurahan tempat tinggal Anda. Jika dia memaksa, coba alihkan pembicaraan dengan hal lain yang lebih seru.

Kenali tujuan mereka bergabung di aplikasi

Tidak bisa dipungkiri bahwa banyak orang yang secara terbuka membutuhkan ‘rekan’ terselubuh di aplikasi jodoh. Sebenarnya itu adalah hak mereka, dan hak Anda untuk menolak jika itu tidak berkenan. Tapi tidak semua orang terbuka sejak awal tentang tujuan mereka bergabung. Misalnya jika seseorang memasang foto sopan, wajar dan tidak menggoda bukan berarti dia orang yang baik-baik mencari jodoh. Beberapa orang viral karena cerita yang beredar bahwa ia adalah predator seks, maka dari itu Anda harus bisa membaca percakapan. Jangan terlena dengan rasa nyaman sejak awal, karena pada dasarnya orang-orang yang bisa membuat Anda nyaman sejak awal bisa menjebak.

Upayakan untuk tidak bertukar foto pribadi

Foto atau gambar jokes mungkin bisa membawa suasana, tapi jangan sampai Anda membagi gambar atau foto pribadi. Misalnya kegiatan Anda, atau sekedar membutkikan bahwa Anda sedang sibuk. Foto sekecil apapun bisa membuka peluang terhadap orang yang tidak bertanggungjawab, apalagi jika si dia belum terlalu Anda kenal.

Jangan terburu-buru

Dikutpi dari wolipop, berusahalah sebagai orang yang elegan dengan mengutamakan intensitas percakapan daripada bersifat agresif. Anda mungkin tidak suka dengan orang agresif, begitu juga si dia yang takut dengan orang baru yang agresif. Anda bisa saling bertukar pesan 3 kali seminggu untuk menjaga jarak satu sama lain, untuk menciptakan rindu, dan memberi ruang pribadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *